Menikmati Destinasi Wisata Ke Goa Setan yang Tak Seseram Namanya

Menikmati Destinasi Wisata Ke Goa Setan yang Tak Seseram Namanya

Di Kepulauan Kei ada satu goa yang dipenuhi mitos dan legenda. Namanya saja Goa Hawang, alias Goa Setan. Tapi ternyata, penampakannya tak seseram namanya.

Dalam bahasa lokal warga Kepulauan Kei, Hawang berarti Setan. Goa Hawang berarti Goa Setan. Meski namanya terdengar seram dan angker, hal berkebalikan justru terlihat dari penampakan goa ini yang cantik jelita.

Dari pusat Kota Langgur, perjalanan ditempuh selama kurang lebih 20 menit menggunakan mobil.

Sesampainya di Goa Hawang, hijaunya pepohonan langsung menyambut kami. Goa ini memang terletak di tepian hutan, tepatnya di Desa Letvuan, sekitar 24 km dari Bandara Karel Sadsuitubun.

Goa Setan

Kawasan Goa Hawang sendiri sudah tertata cukup rapi. Untuk turun menuju ke goa, sudah tersedia tangga agar traveler tidak licin. Pertama kali melihat, kesan angker dan mistis memang sedikit terasa.

Tapi begitu sudah masuk sampai persis di depan mulut goa, kesan mistis langsung sirna berganti dengan rasa takjub. Goa Hawang ‘dibanjiri’ oleh air berwarna biru. Jernih, seperti berasal dari sumber mata air alami. Rasanya ingin terjun dan langsung berenang di kolamnya.

Tak lama setelah kami datang, 3 anak kecil setempat tanpa dikomando langsung terjun ke dalam jernihnya kolam tersebut. Byurr! Tanpa aba-aba, mereka langsung berenang dan merasakan betapa segarnya air di kolam Goa Hawang.

Berenang di Goa Setan

Kami pun langsung menyusul mereka untuk main air di Goa Hawang. Segar dan dingin. Begitu rasanya air goa ini.

“Air goa ini berasal dari mata air Evu. Kalau masuk terus sampai ke dalam, bisa tembus sampai ke laut. Tapi dalam banget, bisa 3-4 meteran,” ujar salah satu pemandu yang menemani kami.

Goa ini juga dihiasi oleh stalagmit dan stalaktik yang indah. Stalagmit dan stalaktit di goa ini pasti sudah terbentuk selama ribuan tahun.

Baca Juga  Indahnya Kebun Raya Baturaden

Stalagmit dan Stalaktit Goa Setan

Pancaran cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam goa semakin menambah cantik pemandangan yang ada. Goa ini pun bak bermandikan cahaya. Untuk masuk ke kawasan Goa Hawang, traveler cukup membayar sebesar Rp 25.000 per mobil dan Rp 5.000 per motor.

Di balik penampakannya yang mempesona, Goa Hawang tetap menyimpan legenda dan mitos yang sampai sekarang masih dipercayai oleh warga setempat.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.