Obyek Wisata Alam Tangkuban Perahu

Obyek Wisata Alam Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata di Bandung. Gunung ini salah satu gunung (Stratovulcano) yaitu gunung yang pusat erupsinya berpindah dari timur ke barat, gunung tangkuban perahu terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya berada di utara Kota Bandung. Gunung Tangkuban perahu juga termasuk gunung yang aktif, dengan tanda adanya gas belerang juga sumber mata air panas yang mengalir dari kaki gunungnya. Pengelola gunung Tangkuban Perahu yaitu Perum Perhutanan. Ketinggian gunung Tangkuban Perahu sekitar 2.084 meter diatas permukaan laut memiliki suhu 17 derajat Celcius (siang harinya), dan 2 derajat Celcius (malam harinya). Jika Anda berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengenakan jaket, karena suhu disini yang termasuk dingin.

Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu memiliki cerita rakyat tersendiri, asal-usul terbentuknya gunung ini adalah cerita legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Tentunya cerita rakyat yang satu ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Cuplikan cerita tersebut adalah dimana Sangkuriang jatuh cinta kepada seseorang perempuan yang tak lain adalah ibunya sendiri. Singkat cerita Sangkuriang ingin menikahi ibunya tersebut, namun ibunya (Dayang Sumbi/Rarasati) ingin menggagalkan niatan anaknya itu. Dalam cerita, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang bahwa jika ingin menikahinya, dia harus membuat sebuah danau (telaga) dan perahu dalam semalam. Namun, usaha Sangkuriang pada akhirnya gagal kemudian Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya itu sehingga terpental dan mendarat terbalik. Perahu inilah yang menjadi asal-usul dari gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang jika dilihat dari jauh berbentuk seperti perahu yang terbalik, jika Anda berkunjung ke Bandung tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke wisata Gunung Tangkuban Perahu ini. Jika Anda ingin pergi ke gunung Tangkuban Perahu, Anda bisa menggunakan mobil sendiri, sepeda motor, atau memakai jasa angkutan umum. Wilayah Tangkuban Perahu yang berada di Cikole Lembang sebelah utara Kota Bandung.

Baca Juga  Menikmati Destinasi Wisata Ke Goa Setan yang Tak Seseram Namanya

Wisata Tangkuban Perahu

Dari arah Kota Bandung, kita bisa melakukan perjalanan menuju wisata Gunung Tangkuban Perahu dengan jarak 7 KM ke arah Lembang. Kemudian mengambil jalur utara ke arah Subang dengan jarak tempuh sekitar 5 – 7 KM lagi, lalu ketika sampai di daerah Cikole atau perbatasan Bandung dengan Subang kita ke arah kiri yang merupakan daerah Tangkuban Perahu. Kalau sudah sampai, disitu ada papan penunjuk jalannya. Kemudian perjalanan dilanjutkan mendaki ke kawasan kawah Tangkuban Perahu, dengan pemandangan kawah yang sangat menakjubkan.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, kita dapat membeli karcis masuknya dengan harga sebagai berikut : untuk harga karcisnya memang ada sedikit perubahan harga dari waktu ke waktu, berdasarkan survei yang dapat dihimpun harga timet masuk ini pada hari biasa sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 untuk wisatawan lokal. kemudian harga tiket masuk untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Sedangkan pada hari libur harga tiket kasuk ke gunung Tangkuban Perahu ini sektar Rp. 22.500 – Rp. 30.000 untuk wisatawan lokal. Kemudian untuk harga tiket masuk wisatawan mancanegara sekitar Rp. 150.000 – Rp. 300.000.

Lalu untuk biaya parkir kendaraan juga ada tarif yang mengalami sedikit perubahan, untuk sepeda biayanya sekitar Rp. 5.000 – 7.000, kendaraan roda dua sekitar Rp. 7.000 – Rp. 12.000, untuk roda empat sekitar Rp. 15.000 – Rp. 25.000, dan untuk kendaraan roda enam sekitar Rp. 60.000 – Rp. 110.000 pada hari biasa. Sedangkan untuk hari libur biaya ini sekitar Rp. 7.000 – Rp. 10.000 untuk sepeda, Rp. 9.500 – Rp. 17.000 untuk kendaraan roda dua, sekitar Rp. 20.000 – Rp. 35.000 untuk kendaran roda empat dan sekitar Rp. 75.000 – Rp. 150.000 untuk kendaraan roda enam. Namun dari sekian daftar harga yang tercantum diatas, mungkin bisa ada perubahan lagi sewaktu-waktu. Entah itu harganya turun lagi, ataupun malah sebaliknya.

Baca Juga  Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Related posts

Leave a Comment