Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Pantai Pandansimo berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul. Terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo, dan merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul.

Deburan ombak yang besar dan liar, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama pantai yang indah, di pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari. Hal menarik yang dapat dilakukan di sini adalah berbelanja ikan laut langsung dari nelayan lokal.

Nama Pandansimo sendiri berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (macan). Di sini juga terdapat berbagai aktivitas kebudayaan seperti upacara tradisi Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Demikianlah sebagian kecil kenikmatan di tengah-tengah denyut nadi kehidupan nelayan di Pantai Pandansimo. Cukup mambayar tiket tanda masuk yang rata-rata di bawah Rp 2.000 per kepala, Anda dapat merasakan denyut nadi kehidupan nelayan yang penuh kesederhanaan.

Kincir Angin Pantai Pandansimo

Pantai ini akan menawarkan sensasi berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. Di sini anda akan menemukan aktifitas nelayan, pasar ikan, lapangan sepak bola, kolam renang, areal out bond, areal perkemahan, areal bermain dll. Keunikan dan sekaligus andalan dari Pantai Pandansimo adalah keberadaan kincir angin untuk sumber energi. Saat ini ada sekitar 34 kincir angin yang kekuatannya mulai dari 2,5 kw hingga 10 kw. Kincir angin ini sebagai sumber energi listrik di sekitar objek wisata, seperti penerangan, untuk warung-warung kuliner dan pembuatan es untuk mengawetkan ikan.

Baca Juga  4 Kuliner Yang Wajib Kamu Coba Setelah Dapat Promo Hotel Di Palembang

Pohon Rindang Pantai Pandansimo Bantul Yogyakarta

Jika anda berkunjung ke sini maka anda akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan cemara. Jadi, tidak ada nuansa panas di pantai ini. Selain itu pasir di pantai ini seperti pasir sungai (lebih besar dan lembut) pasir ini diyakini sebagai pijat urat melalui telapak kaki.

Rute Menuju Pantai Pandansimo :

Rute menuju Pantai Pandansimo sama dengan ke Pantai Kuwaru ataupun Pantai Baru. Untuk mencapai lokasi ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Yogya menuju Jalan Bantul, lalu setelah sampai di Ibu Kota Bantul ke Selatan. Setelah sampai di Perempatan Palbapang belok kanan menuju arah Srandakan sesampainya di Bundaran Srandakan sebelum Jembatan Sungai Progo belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga pertigaan belok kanan sampailah ke lokasi Pantai Pandansimo.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.