Wisata Kalibaya Park Di Salem Kabupaten Brebes

Wisata Kalibaya Park Di Salem Kabupaten Brebes

Wisata Kalibaya Park Di Salem Kabupaten Brebes – Kabupaten Brebes sendiri merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Saya menyebutnya kabupaten para Janda. Kenapa? Karena disini bahasa yang digunakan masyarakatnya itu ada dua yaitu Jawa dan Sunda. Makanya saya sebut daerah para Janda alias Jawa-Sunda.

As we know, Kabupaten Brebes itu sangat terkenal oleh Telor Asin dan Bawang Merah. Selain terkenal karena Telor Asin dan Bawang Merahnya, Kabupaten Brebes juga memiliki potensi wisata yang sangat menggiurkan dan sangat menakjubkan, terutama wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata yang baru dibuka pada tahun kemarin, 2016.

Nama destinasi wisata ini adalah Kalibaya Park, wana wisata yang berada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Kenapa? Karena disini anda akan menikmati berbagai keseruan dan kengerian dalam berwisata.

Kepanjangan dari Kalibaya itu adalah Kawasan Lio Rimba Raya (Kalibaya), sebab Kalibaya Park ini berada di Puncak Gunung Lio. Fyi, Kalibaya Park ini dikelola oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan), Pemerintah Desa (Pemdes) Pasir Panjang dan Karang Taruna.

Saya berkunjung kesana bersama ketiga temen sebut saja Anung, Nded dan Jihan. Kami semua berasal tidak jauh dari wana wisata Kalibaya Park ini. Butuh waktu sekitar satu jam dari rumah kami untuk menuju area Kalibaya Park ini.

Dan kami berkunjung kesana itu pada hari Selasa, jadi pengunjungnya agak sepi, akan berbeda jika kami kesana pada hari libur atau weekend, sebab pengunjungnya dipastikan bakalan rame.

Baiklah saya akan mengemas perjalanan ke Kalibaya Park ini dalam beberapa bagian diantaranya seperti Daya Tarik, Fasilitas Penunjang, Transportasi, dan sebagainya.

Baca Juga  Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Daya Tarik

Untuk menuju Kalibaya Park ini anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok. Disepanjang jalan anda akan dihadiahi oleh udara yang segar sebab anda akan melewati kawasan hutan Gunung Lio dengan mayoritas ditumbuhi oleh pohon pinus.

Karena Kalibaya Park ini berada di Puncak Gunung Lio, maka trek jalan pun akan menanjak. Disini adrenalin anda akan dipacu terus-menerus, juga kelihaian anda dalam berkendara akan di uji disini. Apakah anda belum tertarik mengunjungi Kalibaya Park ini?

Selanjutnya setelah anda tiba di Kalibaya Park dan masuk ke dalam, anda akan disuguhkan oleh wahana-wanaha yang patut anda coba disini seperti wahana Outbond, Gardu Pandang (Panyawangan), Menara Pantau, ATV & Komodo Track serta Padang Savana, dan sebagainya.

Tentunya anda akan disajikan oleh pesona alam yang sungguh mempesona, pemandangan langsung ke Waduk Malahayu. Denger-denger disini juga akan dibuat area Camping Ground. Apakah anda belum tertarik juga mengunjungi Kalibaya Park ini?

Baiklah, selain daya tarik yang sudah disebutkan tadi, di area Kalibaya Park juga tersedia Panggung Musik, dimana masyarakat setempat akan menampilkan sebuah pementasan kesenian khas Salem seperti Angklung dan Kecapi Suling. Dan Panggung Musik ini juga bisa digunakan untuk event-event seperti penampilan band atau yang lainnya. Apakah anda sudah tertarik mengunjungi Kalibaya Park ini? Lanjut ke bawah lagi mang..

Fasilitas Penunjang

Sebagai destinasi wisata yang baru dibuka tahun 2016, tentunya Kalibaya Park ingin memberikan pelayanan terbaik dari segi fasilitas penunjangnya, hal itu dihadirkan demi kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya diantaranya sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Tempat sampah
  • Tempat istirahat
  • Kamar mandi/ MCK
  • Rumah makan atau cafe
  • Dan lain sebagainya
Baca Juga  Menikmati Keindahan Taman Mangrove Kaliwlingi di Brebes

Tarif Karcis/Tiket Masuk dan Parkir di Kalibaya Park

  • Tiket masuk: Rp. 3.000,00 (senin-jum’at)
  • Tiket masuk: Rp. 5.000 (weekend)
  • Parkir: Rp. 2.000,00/motor
  • Parkir: Rp. 5.000,00/mobil

 

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.