Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

Gunung Kidul merupakan Kabupaten di Jogja yang terkenal memiliki deretan pantai dengan pemandangan mempesona. Bagi sebagian wisatawan, pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan indah adalah Pantai Indrayanti. Padahal masih terdapat banyak sekali pantai dengan pemandangan yang tak kalah indah dari Pantai Indrayanti lho, salah satunya adalah Pantai Baron.

Walaupun pemandangan di pantai ini masih kalah dengan Indrayanti, namun Pantai Baron memiliki keunikan tersendiri yang memikat hati wisatawan.

Pantai Baron

Pantai Baron memiliki karakteristik pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Parangtritis, selain itu ombak di Pantai Baron juga terbilang cukup besar walaupun bentuknya menyerupai teluk.

Pantai Baron bisa dibilang salah satu pantai unik di Jogja karena di tempat wisata ini kita bisa menemukan dua jenis air, yaitu air asin dan air tawar yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai. Tak sekedar aliran sungai biasa, aliran sungai ini terletak di sebelah barat Pantai Baron dimana langsung mengalir kearah laut. Uniknya, setiap 5 tahun sekali aliran sungai di Pantai Baron akan berubah arah, yaitu mengalir ke timur terlebih dahulu (membelah pasir pantai) sebelum bermuara di laut. Sama halnya dengan beberapa pantai di laut jawa, setiap hari 1 Syura di Pantai Baron selalu diadakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari masyarakat setempat atas panen ikan yang melimpah.

Pantai Baron Jogja

Selain menjadi tempat wisata favorit di Jogja, Pantai Baron juga menjadi Pusat Pelelangan Ikan (TPI) di Gunung Kidul, jadi jangan heran ketika kamu memasuki kawasan pantai akan terdapat banyak sekali perahu nelayan yang terparkir. Tak hanya itu saja, Pantai Baron juga menjadi salah satu tempat untuk berburu kuliner di Jogja, di tempat wisata Gunung Kidul ini terdapat banyak sekali warung yang berjejer menawarkan berbagai macam menu. Makanan di kawasan Pantai Baron lebih didominasi oleh seafood, sangat cocok bagi kamu pecinta masakan laut seperti lobster, kepiting, ikan dan udang. Karena ombak di Pantai Baron terbilang cukup besar, jadi bagi kamu yang ingin berenang diharapkan untuk tetap hati-hati ya, agar lebih aman kamu bisa berenang di sungai air tawar pinggir pantai. Berbeda dengan Pantai Parangtritis, di Pantai Baron tidak memiliki mitos tentang pakaian berwarna hijau, jadi kamu tidak perlu takut apabila datang kesini saat memakai pakaian hijau. Pemandangan di Pantai Baron terbilang cukup indah, terutama jika kamu naik di tebing sebelah timur pantai, dari atas tebing tersebut kita bisa melihat seluruh kawasan Pantai Baron, kerennya lagi diatas tebing ini juga terdapat mercusuar lho. Dari atas mercusuar kita bisa melihat Pantai Baron yang terlihat kecil dengan perbukitan disekelilingnya, jika kita melihat ke timur, kita bisa melihat deretan pantai lainnya, terutama Pantai Kukup yang hanya dipisahkan oleh tebing kars saja. Selain itu, di tebing sebelah kiri Pantai Baron juga sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto gardu pandang, seperti gardu pandang berbentuk ujung kapal dan bentuk LOVE yang tentunya akan membuat fotomu semakin terlihat keren.

Jika kita lebih teliti, ketika melihat kearah timur kita akan melihat sebuah pantai kecil tepat diujung tebing, pantai kecil tersebut memiliki pasir berwarna putih dengan ombak yang cukup besar, pantai kecil ini bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki menyusuri bukit dan ladang warga.

Bukit sebelah timur Pantai Baron ini juga biasa digunakan sebagai jalur trekking dan camp ground, jadi bagi kamu yang ingin menginap, bisa mendirikan tenda diatas bukit tersebut. Tak cuma tebing sebelah timur saja yang menarik untuk kita kunjungi, tapi tebing sebelah barat juga sangat wajib untuk kita daki. Di tebing sebelah barat terdapat sebuah tempat yang digunakan sebagai lokasi pembangkit listrik dengan tenaga alam bernama Baron Techno Park. Untuk menuju ke Baron Techno Park ini kita bisa melalui jalur tepat sebelum Pos Retribusi Pantai Baron, disitu terdapat pertigaan jalur menanjak, nah ikuti saja jalur tersebut hingga kamu sampai di lokasi. Atau agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke petugas Pos Retribusi mengenai lokasi Baron Techno Park tersebut, tapi jangan bertanya mengenai lokasi jodohmu ya, karena petugas itu tidak tahu. Di Baron Techno Park kita akan menemukan berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk mengubah tenaga surya menjadi listrik, seperti panel surya (solar cell) hingga jam matahari yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dengan cahaya matahari. Baron Techno Park juga sangat cocok untuk menghabiskan senja disekitar Pantai Baron.

Nama Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di salah satu pantai di laut selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron.

Fasilitas :

  • Warung Makan
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Camp Ground
  • Gardu Pandang
  • Mercusuar
  • Toko Souvenir Dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk

  • Pantai Baron : Rp. 10.000/orang
  • Mercusuar : Rp. 5.000/orang
  • Naik Keatas Bukit : Retribusi seiklasnya

Akomodasi (Penginapan) Sudah terdapat beberapa penginapan di sekitar Pantai Baron, untuk lebih jelas mengenai lokasinya kamu bisa bertanya ke pemilik warung atau warga sekitar, namun jika kamu ingin yang lebih murah, kamu bisa camping di bukit sebelah timur pantai.

Related posts

Leave a Comment